Minggu, 10 Juli 2011

Metode Pembelajaran

METODE PEMBELAJARAN

Metode Pembelajaran merupakan cara melakukan atau menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan isi pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Dapat dikatakan metode pembelajaran merupakan bagian dari strategi instruksional. Tetapi tidak semua metode pembelajaran sesuai digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Sebelum memutuskan memakai metode apa yang akan digunakan dalam pembelajaran, pengajar seharusnya memperhatikan beberapa pertimbangan berikut ini : Tujuan Pembelajaran, pengetahuan awal siswa, bidang studi, alokasi waktu dan sarana penunjang, jumlah siswa, pengalaman dan kewibawaan pengajar, misalnya saja dalam tujuan pembelajaranPertimbangan ini merupakan syarat mutlak dalam pemilihan metode yang akan digunakan. Sebagai contoh, seorang guru kesenian menetapkan cara memainkan alatmusik dengan benar. Dalam hal ini metode yang dapat membantu adalah metode ceramah, dimana diterangkan bagian-bagian dari masing-masing alat musik dan cara penggunaannya. Kemudian metode demonstrasi, siswa dapat mendemonstrasikan cara memainkan suatu alat musik dengan benar, selanjutnya metode pembagian tugas, siswa kita tugasi, bagaimana memegang gitar, bass, drum, dan apa tugas mereka, dan bagaimana mereka dapat bekerjasama dan memainkan suatu lagu dengan baik dan benar.

Seperti yang telah dikemukakan di muka, metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Ini berarti, metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. Dengan demikian, metode dalam rangkaian system pembelajaran memegang peran yang sangat penting. Keberhasilan implementasi strategi pembelajaran sangat tergantung pada cara guru menggunakan metode pembelajaran.

Dalam proses pembelajaran seorang guru harus memiliki kreatifitas ( kemampuan ) dalam memberikan materi di kelas agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang di inginkan, untuk itu dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan bagi seorang pendidik agar proses pemebelajaran lebih menyenangkan. Dalam prakteknya proses pembelajaran terdapat beragam jenis metode pembelajaran dan penerapannya.

Guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar masih ada yang tidak bisa menyelesaikan materi sesuai waktu yang ditentukan. Dilihat dari para siswa dalam pelajaran ekonomi/akuntansi masih banyak yang belajar dengan cara hafalan saja, khususnya dalam pelajaran akuntansi sangat membutuhkan banyak latihan. Hal ini karena dalam menyampaikan materi ekonomi/akuntansi guru kurang bervariatif. Berbagai hal tersebut merupakan bagian masalah yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan KBM. Seharusnya dalam kegiatan belajar mengajar guru menggunakan berbagai metode pembelajaran sehingga suasana kelas tidak membosankan dan penggunaan metode sesuai dengan materi yang disampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar